Sabtu, 04 Maret 2017

TULISAN 1 SOFTSKILL



PENGENALAN DESAIN GRAFIS & ANIMASI


DEFINISI DESAIN GRAFIS & ANIMASI


A.      Definisi Desain Grafis



Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.



Sedikit mengenai sejarah kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul “New Kind of Printing Calls for New Design” yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.



Desain Grafis juga termasuk dalam cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan yaitu : Wawasan Teknologi, Wawasan Sains, Wawasan Seni, Wawasan Sosial Dan Budaya, Wawacan Filsafat Dan Etika.



Dalam setiap elemen kehidupan ini, desain grafis banyak sekali digunakan, mulai dari bidang sosial, bidang ekonomi, bidang politik, bidang hukum, dan bidang lainnya. Penggunaan ilmu desain grafis sangat digunakan pada jasa interior rumah, jasa eksterior bangunan, arsitek, pengusaha percetakan dan periklanan. Sedangkan dalam dunia maya web desainer dan pembuat website merupakan  pengguna dari ilmu terapan ini.



B.      Definisi Animasi


Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.



Berdasarkan pendapat lain  Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

Dalam perkembangannya animasi sudah ada sejak zaman purbakala dimana para penghuni gua menggambarkan hewan hasil buruan pada dinding gua menggunakan batu ataupun darah. hal ini disebut animasi karena dalam penggambaran nya memiliki bentuk yang berbeda seperti gambar beberapa kuda yang sengaja digambarkan dengan jarak yang dekat sehingga terlihat kuda tersebut memiliki perspektif yang berbeda.



Sedangkan perkembangan dunia animasi computer sekarang sudah sangat pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (3D Animation) yang mempunyai ukuran panjang,lebar,dan tinggi ( Z – axis ) maka objek dan pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja objek tersebut dibuat dunia maya(Virtual reality). Gambar atau animasi tersebut biasanya dikerjakan oleh satu orang atau tim yang disebut dengan animator. Dan beberapa keuntungan bagi animator untuk pembuatan animasi diantaranya digunakan untuk:

-          Dalam pembuatan sekuel film

-          Pembuatan iklan atau presentasi multimedia

-          Pengisi spesial effect dalam pembuatan video clip music atau film


DEFINISI PIXEL , RESOLUSI , GARIS & KURVA , HUE


A.      Definsi Pixel

Suatu gambar yang ada di dialam komputer sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik yang sangat kecil dan tiap-tiap titik tersebut memiliki warna tertentu. Titik-titik itulah yang disebut pixel. Setiap pixel mempunyai satu warna dan bergabung dengan pixel-pixel lainnya sehingga membentuk suatu pola dan menghsilkan gambar.
 



Pada layar monitor ada yang menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, artinya tiap pixel mampu menampilkan 256 warna yang berbeda, jumlah warna tersebut didapatkan dari 2 pangkat 8. Jika monitor menggunakan 16 bit maka  akan menampilkan 65.536 warna, tentu saja semakin besar nilai bit yang digunakan pada pixel tersebut akan menampilkan warna dan gambar yang lebih detail dan jernih. Warna yang semakin beragam ini sebenarnya dihasilkan pixel melalui tiga titik, yaitu titik merah, titik biru, dan titik hijau, pencampuran dari tiga titik warna tersebut akan menghasilkan warna-warna yang berbeda.  Jumlah bit sendiri digunakan untuk mewakili tiap pixel yang menentukan jumlah warna yang dapat ditampilkan atau istilah lain dikenal dengan color depth.



B.      Definisi Resolusi


Resolusi merupakan banyaknya pixel (titik) horizontal dan pixel vertical yang dapat ditampilkan layar. Contohnya pada monitor dengan ukuran 14 inchi sampai 17 inchi dapat menggunakan 640x480, 1024x768, 1200x1024. Jika pada monitor diatas 19inchi maka akan mencapai resolusi sebesar 2014x1600. Penjabaran angka tersebut maksudnya adalah lebar tampilan monitor 1024 pixel dan tingginya 768 pixel. Pada dua monitor yang memiliki ukaran sama dapat memiliki ketajaman gambar yang berbeda tergantung perbandingan ukuran monitor dan resolusinya. Setiap monitor memiliki standar resolusi yang berbeda dan siapa saja bisa merubah ukuran resolusi tersebut menjadi lebih tinggi agar mendaptkan warna dan gambar yang lebih baik, tetapi hal ini dapat menyebabkan error atau tampilan menjadi blank.


C.      Definisi Garis & Kurva


dalam kenyataan ‘garis’ itu tidaklah ada. jika anda kira rambut itu adalah garis, coba lihat dengan mikroskop, rambut terlihat dan terdiri dari banyak sel dengan bentuk-bentuk organis. garis tercipta dari adanya perbedaan warna, cahaya atau perbedaan jarak.
tetapi dalam desain grafis, garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang di deretkan memenjang. garis di software grafis komputer sering disebut outline (coreldraw), countour atau stroke (adobe photoshop). setiap jenis garis memiliki karakter dan suasana yang berbeda
setiap garis menimbulkan kesan psikologis / persepsi tersendiri. misal garis yang membentuk ‘S’. sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. bandingkan dengan garis yang membentuk ‘Z’ terkesan tegas dan kaku. perasaan ini terjadi karena kita menyamakan dengan bentuk lengkung.


1. garis lurus horisontal

memberi kesan : sugesti ketenagan atau hal yang tak bergerak

2. garis lurus vertikal

memberi kesan : stabilitas, kekuatan atau kemegahan

3. garis lurus miring diagonal

memberi kesan : tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika

4. garis melengkung (kurva)

memberi kesan : keanggunan, halus


D.      Definisi Hue

Hue adalah apa yang biasanya kita sebut sebagai ‘warna’ dalam bahasa sehari-hari. Untuk pelukis, istilah ‘hue’ berarti kombinasi dari warna-warna dasar; dengan kata lain, merah, hijau, biru atau kuning (RGB). Sementara fotografer biasanya membayangkan hue sebagai satu warna tertentu. Hue juga merupkan elemen yang sangat penting dalam dunia fotografi dan segala hal pada elektronik yang ingin menampilkan warna.


CONTOH SOFTWARE UNTUK MEMBUAT DESAIN GRAFIS & ANIMASI


Contoh Software Desain Grafis


1.       Adobe Indesign

Perangkat lunak dekstop publishing (DTP) yang diproduksi oleh adobe system yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.

2.       Adobe Pagemaker

Perangkat lunak aplikasi pengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku,cover untuk majalah, koran. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan.

3.       Adobe FrameMaker

Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan desain grafis,aplikasi ini merupakan yang terbaik dikelasnya. Pembuatan halaman bisa diterbitkan ke media online seperti ke berbagai CMS karena halaman itu berupa XML. Hasil halaman yang kita buat juga dapat kita simpan dalam bentuk format file PDF,HTML,Webhelp,Adobe air.

4.       Corel Draw

Program untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai ilustrator program. seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis,berupa garis lurus maupun melengkung.


Contoh Software Animasi


1.       Software Animasi 2D

software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:  Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max.


2.       Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain: 3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape animation), Vue (landscape animation), Auto Cad, dan sebagainya.



Sumber:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar