Selasa, 06 Oktober 2015

ORGANISASI, PERENCANAAN DAN STRUKTUR ORGANISASI

     àOrganisasi
Tentu saja kalian pasti sudah pernah mendengar kata ‘organisasi’ atau sedang bergabung dalam suatu organisasi, tidak hanya bergabung anda juga bisa mendirikan suatu organisasi untuk mengumpulkan individu dan melakukan kegiatan sesuatu bersama – sama dan terorganisir.
Sesuai dengan penjelasan tentang manusia yang merupakan mahluk social sehingga cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan meyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal tersebut mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.
Secara universal organisasi itu sendiri memilki makna sebagai tempat atau wadah untuk orang-orang yang berkumpul,bekerjasama secara rasional dan sistematis, terjadwal, terpimpin  dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,material,mesin,metode,lingkungan),sarana prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara tepat untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
Jika secara universal mendefinisikan secara luas, dari beberapa tokoh ini mengartikan organisasi secara berbeda-beda contohnya :

Menurut ERNEST DALE:
             Organisasi adalah suatu proses perencanaan atau penjadwalan yang meliputi penyusunan ,pengembangan dari suatu struktur pola hubungan kerja dari orang-orang dalam kerja kelompok.

Menurut KAST DAN ROSENZWEIG:
             Organisasi adalah sub system teknik,sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-oang berorientasi pada tujuan.

Menurut STONER:
              Organisasi adalah suato pola hubungan-hubungan antar seseorang yang mengejar tujuan bersama dengan pengarahan atasan.

Menurut CHESTER I.BERNARD:
               Organisasi merupakan aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih agar lebih mudah dalm mencapai suatu tujuan.


à Perencanaan
Menurut Ernest perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam berlangsungnya sebuah organisasi,karena agar mencapai suatu tujuan tanpa adanya perencanaan maka tidak akan menghasilkan apapun dan cenderung ceroboh atau tidak efisien dan merugikan organisasi tersebut.
Maka dari itu agar perencanaan nya menjadi lebih baik dan sesuai dengan tujuan dari organsasi,perencanaan mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1.   perumusan visi dan misi (dalam suatu organisasi harus memilki visi dan misi yang sama dan jelas agar organisasi tersebut dapat mencapai suatu tujuan)
2.    pengkajian lingkungan eksternal (lingkungan eksternal dalam organisasi tersebut bisa juga membantu lingkungan internal organisasi)
3.    pengkajian lingkungan internal
4.    perumusan isu-isu strategis
5.    penyusunan strategi pengembangan seperti tujuan dan sasaran
didalam organisasi perencanaan memilki banyak jenis,antaralain sebagai berikut:
a.    perencanaan strategi
yaitu  sebuah perencanaan yang biasanya diberikan oleh atasan atau staff tertentu untuk menalokasikan sumber daya seperti modal dan sumber daya manusia. Menurut seorang ahli Lorange (1980) mengatakan bahwa perencanaan strategi adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan merubah perusahaan, sehingga apabila perencanaan strategi tidak mendukung inovasi dan perubahan maka akan terjadi kegagalan dalam perencanaan.
b.    Perencanaan scenario
Menurut Peter Schwartz perencanaan scenario adalah sebuah gambaran yang konsisten tentang berbagai kemungkinan(keadaan) yang dapat terjadi dimasa yang akan datang .
c.    Perencanaan sektoral
Merupakan perencanaan yang dilakukan dengan pendekatan berdasarkan sector atau kumpulan dari kegiatan-kegiatan atau program yang menpunyai persamaan cirri-ciri serta tujuannya.




à Bentuk bagan organisasi
a.    Bagan pyramid
Dimana suatu pimpinan dalam organisasi tertinggi ada diatas pyramid lalu dibawahnya ada tingkatan pimpinan menengah dan staff dibagian bawah. Bentuk seperti ini banyak digunakan karena terlihat jelas dan mudah dimengerti oleh orang awam.
Kelebihan bentuk bagan pyramid adalah
- memilki satu pimpinan tertinggi sebagai pemegang kekuasaan
- tingkatan jabatan membedakan para staff
Kelemahan :
- memiliki jumlah organisasi yang tidak banyak sehingga tingkat –tingkat hirarki kewenangan sedikit
- jumlah pekerja (bawahan)yang harus dikendalikan cukup banyak
- pada jumlah jabatan sedikit sebab tingkatan relatifnya kecil.

b.    Bagan vertical
bentuk bagan ini menyerupai bentuk pyramid dalam pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah.hanya bagan vertical berwujud tegak.

c.    Bagan Horizontal
Merupakan bentuk horizontal atau mendatar suatu bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk atau ujung pimpinan tertinggi sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kearah kanan atau sebaliknya.

Kesimpulan : dalam berorganisasi memilki banyak aspek-aspek penting sebagai penunjang berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan.

Daftar pustaka:




1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus