PERUBAHAN MANAJEMEN
Pengertian Perubahan :
Tuntutan perubahan terjadi pada
berbagai bidang kehidupan, termasuk perubahan pendidikan tinggi. Sumber utama
pemicu perubahan pada dasarnya berasal faktor internal dan eksternal suatu
organisasi. Secara rinci Drucker
(1985) menyebutkan beberapa sumber pembaruan suatu organisasi dapat
berasal dari : the unexpected, the
incongruity, innovation based on process need, changes in industry structure or
market structure, demographics, changes in perception mood and meening, and new
knowledge. Dari sumber utama tuntutan pembaruan organisasi menurut
Drucker tersebut, maka sumber perubahan lembaga pendidikan tinggi dapat berasal
dari kondisi yang tidak diharapkan, munculnya ketidakwajaran, inovasi yang
berdasarkan kebutuhan proses, perubahan struktur industri atau struktur pasar,
demografi, perubahan persepsi, suasana dan makna serta pengetahuan baru.
Ada
beberapa makna perubahan diantaranya sebagai berikut:
·
Memerlukan
tokoh terkenal dalam melakukan perubahan
·
Tidak
semua orang bisa diajak melihat perubahan
·
Perubahan
terjadi setiap saat secara kontinu
·
Ada
sisi lembut dan sisi keras dalam perubahan.
·
Membutuhkan
waktu, biaya, dan kekuatan
·
Dibutuhkan
upaya khusus untuk menyentuh nilai dasar / budaya korporat
·
Perubahan
menimbulkan ekspektasi yang dapat menimbulkan getaran emosi dan harapan
·
Perubahan
selalu menakutkan yang menimbulkan kepanikan
Konsep Dasar :
Manajemen Perubahan Suatu upaya yg dilakukan manajemen
guna melakukan perubahan berencana dengan menggunakan jasa/ bekerjasama dengan
intervenis/ konsultan. Agar organisasi tersebut tetap survive dan bahkan
mencapai puncak perkembangannya. Dalam perubahan ini juga memiliki Tujuan
perubahan disatu sisi untuk memperbaiki kemampuan organisasi dalam menyesuaikan
didi dengan perubahan lingkungan dan disisi lain, mengupayakan perubahan
perilaku karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya. Perubahan harus
dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai hal agar manfaat
yang ditimbulkan oleh perubahan harus lebih besar daripada beban kerugian yang
harus ditanggung.
Manajemen Perubahan itu sendiri merupakan
Suatu upaya yg dilakukan manajemen guna melakukan perubahan berencana dengan
menggunakan jasa/ bekerjasama dengan intervenis/ konsultan. Agar organisasi
tersebut tetap survive dan bahkan mencapai puncak perkembangannya.
Strategi Perubahan :
·
Political
strategy : Pemahaman mengenai struktur kekuasaan yg terdapat dalam sistem
sosial.
·
Economic
Strategy : Pemahaman dalam memegang posisi pengaturan sumber ekonomik, yaitu
memegang posisi kunci dalam proses perubahan berencana.
·
Academic
Strategy : Pemahaman bahwa setiap manusia itu rasional, yaitu setiap orang
sebenarnya akan bisa menerima perubahan, manakala kepadanya disodorkan data yg
dapat diterima oleh akal sehat (Rasio).
·
Enginering
Strategy : Pemahaman bahwa setiap perubahan menyangkut setiap manusia.
·
Military
Strategy : Pemahaman bahwa perubahan dapat dilakukan dengan kekerasan/ paksaan.
·
Confrontation
Strategy : Pemahaman jika suatu tindakan bisa menimbulkan kemarahan seseorang,
maka orang tersebut akan berubah.
·
Applied
behavioral science Model : Pemahaman terhadap Ilmu perilaku.
·
Followship
Strategy : Pemahaman bahwa perubahan itu dapat dilakukan itu dapat dilakukan
dengan mengembangkan prinsip kepengikutan.
Kegiatan :
·
Suatu
perubahan seringkali tidak ada awal dan akhir yang jelas.
·
Suatu
perubahan yang efektif dapat dimulai dengan perbaikan dalam beberapa bidang
tertent
·
Suatu
perubahan harus berjalan sekaligus, baik secara top-down maupun
bottom-up.
·
Suatu
perubahan organisasi memiliki dimensi pribadi yang penting.
·
Dilakukannya
suatu pengukuran adalah kunci bagi suatu perubahan yang berhasil dan
berkelanjutan.
Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya :
Perbedaan fokus antara
BRM dan proses lainnya diilustrasikan oleh perbedaan antara manajemen BRM dan
layanan tingkat (SLM). Kedua proses prihatin dengan hubungan jangka panjang
dengan pelanggan dan dengan menjamin terbentuknya bahwa pelanggan senang dengan
apa yang disampaikan. Fokus dari SLM Areon menempa perjanjian dengan pelanggan
pada tingkat layanan yang akan dikirimkan untuk layanan tertentu dan, dengan
memastikan tingkat layanan ini terpenuhi, pada pencapaian tingkat yang dapat
diterima dari kepuasan pelanggan. Ini berarti memastikan bahwa semua proses SM,
kontrak yang mendukung dan perjanjian tingkat operasional mendukung pencapaian
SLA. BRM membangun hubungan dengan pelanggan yang berfokus pada isu-isu tingkat
strategis dan lebih tinggi, berusaha untuk menyediakan layanan yang disesuaikan
dengan kebutuhan bisnis pelanggan dan berada dalam kemampuan penyedia layanan
untuk memberikan. Kepuasan pelanggan adalah ukuran utama keberhasilan BRM, tapi
ini adalah kepuasan pelanggan dinyatakan dalam nilai jasa kepada pelanggan.
PENYEBARAN
MANAJEMEN
Maksud dan Tujuan :
Tujuan:
ITIL Release dan Manajemen Deployment bertujuan untuk merencanakan, jadwal dan
mengontrol pergerakan rilis untuk menguji dan lingkungan hidup. Tujuan utama
dari Manajemen Pers dan Manajemen Deployment adalah untuk memastikan bahwa
integritas lingkungan hidup dilindungi dan bahwa komponen yang benar
dilepaskan.
Konsep dasar :
Pada dasarnya, kegiatan dan tujuan proses proses Release dan Deployment Manajemen di ITIL V3 identik Release Management di ITIL V2. ITIL V3 Manajemen Siaran memberikan rincian jauh lebih di bidang perencanaan Release dan pengujian; ini menyebabkan penambahan dua proses khusus yang dimasukkan di bawah Manajemen Pers dalam versi ITIL sebelumnya: Manajemen Proyek - Perencanaan Transisi dan Dukungan , dan Layanan Validasi dan Pengujian .
Pada dasarnya, kegiatan dan tujuan proses proses Release dan Deployment Manajemen di ITIL V3 identik Release Management di ITIL V2. ITIL V3 Manajemen Siaran memberikan rincian jauh lebih di bidang perencanaan Release dan pengujian; ini menyebabkan penambahan dua proses khusus yang dimasukkan di bawah Manajemen Pers dalam versi ITIL sebelumnya: Manajemen Proyek - Perencanaan Transisi dan Dukungan , dan Layanan Validasi dan Pengujian .
Kegiatan, metode, dan teknik :
Release Manager bertanggung jawab untuk perencanaan dan
pengendalian gerakan Pers untuk menguji dan lingkungan hidup. Tujuan utamanya
adalah untuk memastikan bahwa integritas lingkungan hidup dilindungi dan bahwa
komponen yang benar dilepaskan.
Hubungan dengan Proses
Manajemen Layanan Lainnya :
·
Dukungan
Manajemen rilis
Proses Tujuan: Untuk memberikan pedoman
dan dukungan untuk penyebaran Pers .
·
Perencanaan
rilis
Proses Tujuan: Untuk menetapkan
Perubahan berwenang untuk Rilis Paket dan
untuk menentukan ruang lingkup dan isi dari Pers. Berdasarkan informasi
ini, proses Perencanaan Rilis mengembangkan jadwal untuk membangun, pengujian
dan menyebarkan rilis tersebut.
·
Rilis
Build
Proses Tujuan: Untuk mengeluarkan semua
Work diperlukan Pesanan dan Pembelian Permintaan sehingga
komponen Pers yang baik dibeli dari vendor luar atau dikembangkan / disesuaikan
di rumah. Pada akhir proses ini, semua komponen Rilis diperlukan siap
untuk memasuki tahap pengujian.
·
Rilis
Deployment
Proses Tujuan: Untuk menyebarkan
komponen Rilis ke dalam lingkungan produksi yang hidup. Proses ini juga
bertanggung jawab untuk pelatihan pengguna akhir dan staf operasi dan beredar
informasi / dokumentasi di Rilis baru dikerahkan atau jasa yang mendukung.
·
Dukungan
Hidup Awal
Proses Tujuan: Untuk mengatasi masalah
operasional cepat selama periode awal setelah penyebaran Rilis ,
dan untuk menghilangkan kesalahan yang tersisa atau kekurangan.
·
Rilis
Penutupan
Proses Tujuan: Untuk secara resmi
menutup Rilis setelah memverifikasi jika aktivitas log dan CMS isi yang
up to date.
PEMENUHAN
PERMINTAAN
Maksud
dan tujuan:
Tujuan:
ITIL Permintaan Pemenuhan bertujuan untuk memenuhi Permintaan Service, yang
dalam banyak kasus adalah ringan (standar) Perubahan (misalnya permintaan untuk
mengubah password) atau permintaan informasi.
Tujuan proses pemenuhan permintaan
adalah:
·
Menyediakan
saluran bagi pengguna untuk meminta dan menerima layanan standar yang otorisasi
dan proses kualifikasi yang telah ditetapkan ada
·
Memberikan
informasi kepada pengguna dan pelanggan tentang ketersediaan layanan dan
prosedur untuk mendapatkan mereka
·
Sumber
dan memberikan komponen layanan standar yang diminta
·
Membantu
dengan informasi general, keluhan atau komentar
Model
Permintaan :
Permintaan pemodelan menggunakan metode statistik dan
intelijen bisnis masukan untuk menghasilkan perkiraan permintaan akurat dan
efektif mengatasi variabilitas permintaan. Permintaan modeling menjadi lebih
penting karena peramalan dan manajemen persediaan sedang rumit dengan
meningkatnya jumlah item yang bergerak lambat, yang disebut "ekor
panjang" dari berbagai produk, banyak yang memiliki pola permintaan tak
terduga di mana khas "normal distribusi "asumsi yang digunakan oleh
model tradisional sama sekali tidak memadai. Dalam skenario ini, berhasil mengelola
perkiraan dan persediaan memerlukan canggih permintaan dan pemodelan persediaan
teknologi untuk andal mendukung tingkat layanan yang tinggi.
Hubungan dengan proses manajemen lainnya :
Layanan
Permintaan Pemenuhan Grup ( request fulfilment group)
Layanan
Permintaan Pemenuhan Grup mengkhususkan diri pada pemenuhan jenis tertentu
Permintaan layanan . Biasanya, Tingkat 1 Dukungan akan memproses permintaan
sederhana, sementara yang lain diteruskan ke Pemenuhan Grup khusus.
Tanggung
jawab Matrix: ITIL Permintaan Pemenuhan
|
|||
ITIL
Peran / Sub-Proses
|
|||
SEBUAH
|
R
|
-
|
|
SEBUAH
|
R
|
R
|
|
AR
|
R
|
-
|
|
SEBUAH
|
R
|
-
|
Keterangan
[1] A: Akuntabel
menurut Model RACI: Mereka yang akhirnya bertanggung jawab untuk penyelesaian
yang benar dan menyeluruh dari proses Pemenuhan Permintaan.
[2] R: Bertanggung
jawab sesuai dengan Model RACI: Orang-orang yang melakukan pekerjaan untuk
mencapai suatu tugas dalam Permintaan Pemenuhan.
Manajemen
Operasi IT
Maksud dan Tujuan
:
Pengertian IT Manajemen Operasi
Manajemen
operasional TI adalah proses pengelolaan infrastruktur TI sehari-hari termasuk
pengelolaan provisioning, kapasitas, kinerja dan ketersediaan lingkungan
komputasi, jaringan dan aplikasi. manajemen operasional TI sangat penting untuk
organisasi TI yang bertanggung jawab untuk memberikan efisien layanan
berkualitas tinggi dan aplikasi dalam mendukung bisnis digit.
Satu
umumnya dapat mempertimbangkan bahwa ada tiga daerah yang berbeda yang melekat
dalam bisnis apapun: pemasaran, keuangan, dan operasi; semua disiplin bisnis
lainnya sesuai suatu tempat di bawah satu atau lebih dari daerah-daerah
tersebut. Misalnya, keuangan dapat mencakup investasi, real estate, asuransi
atau perbankan. Sementara manajemen dianggap sebagai disiplin akademis
tersendiri sebenarnya merupakan bagian dari semua tiga bidang: manajemen
keuangan, manajemen pemasaran, dan manajemen operasi. manajemen operasi adalah
daerah yang bersangkutan dengan efisiensi dan efektivitas operasi dalam
mendukung dan pengembangan tujuan strategis perusahaan. Daerah lain yang
menjadi perhatian manajemen operasi meliputi desain dan operasi dari sistem
untuk menyediakan barang dan jasa. Untuk meletakkannya ringkas, manajemen
operasi adalah perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian kegiatan yang
mengubah masukan (bahan baku dan tenaga kerja) menjadi output (barang jadi dan
jasa). Satu set konsep diakui dan berkembang dengan baik, alat, dan teknik
milik dalam kerangka dianggap manajemen operasi. Sementara manajemen operasi
jangka memunculkan pemandangan lingkungan manufaktur, banyak dari konsep-konsep
ini telah diterapkan di pengaturan layanan, dengan beberapa dari mereka
benar-benar dikembangkan secara khusus untuk organisasi pelayanan.
Manajemen
operasi juga merupakan bidang akademik studi yang berfokus pada perencanaan
yang efektif, penjadwalan, penggunaan, dan pengendalian perusahaan manufaktur
atau jasa dan operasi mereka. lapangan adalah sintesis dari konsep yang berasal
dari rekayasa desain, teknik industri, sistem informasi manajemen, manajemen
mutu, manajemen produksi, manajemen persediaan, akuntansi, dan fungsi lainnya.
Bidang
manajemen operasi telah mendapatkan meningkatkan pengakuan selama dua dekade
terakhir. Salah satu alasan utama untuk ini adalah kesadaran masyarakat akan
keberhasilan pabrikan Jepang dan persepsi bahwa kualitas banyak produk Jepang
lebih tinggi dari produsen Amerika. Akibatnya, banyak perusahaan telah
menyadari bahwa fungsi operasi hanya sebagai penting untuk perusahaan mereka
sebagai keuangan dan pemasaran. Dalam konser dengan ini, perusahaan-perusahaan
sekarang menyadari bahwa untuk bersaing secara efektif dalam pasar global
mereka harus memiliki strategi operasi untuk mendukung misi perusahaan dan
strategi perusahaan secara keseluruhan.
Alasan
lain untuk kesadaran yang lebih besar dari manajemen operasi adalah aplikasi
peningkatan konsep manajemen operasi dan teknik untuk operasi layanan.
Akhirnya, konsep manajemen operasi sedang diterapkan untuk bidang fungsional
lainnya seperti pemasaran dan sumber daya manusia. Istilah marketing antarmuka
/ operasi sering digunakan.
Operasi
TI adalah fungsi terpisah dalam organisasi IT, dengan tugas dan hak yang jelas.
Namun, manajemen teknis dan aplikasi yang sering juga mengambil alih bagian
dari operasi sehari-hari dan karena itu melakukan fungsi operasi terpadu yang
mencakup beberapa tim. Tidak ada metode pusat untuk pemisahan tugas yang jelas
antara operasi dan rekayasa karena ini tergantung sampai batas yang signifikan
pada tingkat infrastruktur TI kematangan dan stabilitas.
Konsep
dasar :
Operasi
teknologi informasi, atau operasi TI, adalah himpunan semua proses dan layanan
yang baik ditetapkan oleh TI staf untuk internal atau eksternal mereka klien
dan digunakan sendiri, untuk menjalankan dirinya sebagai bisnis .
Definisi
operasional TI berbeda di seluruh TI industri , di mana vendor dan organisasi
individu sering membuat definisi adat mereka sendiri proses dan layanan
tersebut untuk tujuan pemasaran produk mereka sendiri. Biasanya, mereka
termasuk manajemen , visi, perencanaan , desain , implementasi , konstruksi,
penyebaran , distribusi , verifikasi , instalasi , Instansiasi, pelaksanaan dan
pemeliharaan . Mereka berusaha untuk menentukan proses umum dan prosedur,
kebijakan, peran, tanggung jawab, terminologi , praktik terbaik dan standar
untuk menjalankan suatu perusahaan. Techopedia menjelaskan IT Manajemen Operasi
Dalam
sebuah organisasi, mungkin ada tumpang tindih antara manajemen operasi TI dan
manajemen aplikasi serta manajemen teknis, Namun manajemen operasi TI adalah
fungsi yang berbeda, meskipun keduanya manajemen teknis dan aplikasi dapat
menjadi bagian yang sama.
Aplikasi
Manajemen
Maksud
dan tujuan :
Tujuan, ITIL Aplikasi Manajemen
bertanggung jawab untuk mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup mereka.
Proses ini memainkan peran penting dalam aspek terkait penerapan merancang,
pengujian, operasi dan meningkatkan layanan TI, serta dalam mengembangkan
keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi organisasi TI.
Aplikasi Manajemen merupakan kegiatan yang sedang berlangsung, sebagai lawan
Pengembangan Aplikasi yang biasanya satu kali set kegiatan untuk membangun
aplikasi.
Konsep Dasar :
Terdapat enam fungsi teknologi
informasi, yaitu: Menangkap (Capture) Menangkap disini dapat diartikan sebagai
menginput. Misalnya menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan
lain-lain. Mengolah (Processing) Mengolah atau memproses data masukkan yang
diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa
mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi). Menghasilkan
(Generating) Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang
berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Misal laporan,
tabel, grafik, gambar, dan lain-lain. Menyimpan (Storage) Merekam atau
menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk
keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke hard disk, flash disk, tape, dan
lain-lain. Mencari Kembali (Retrival) Menelusuri dan mendapatkan kembali
informasi atau mengkopi data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya
mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya. Mentransmisi (Transmission)
Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan
komputer. Misalkan mengirimkan data penjualan dari user A ke user yang
lainnya.
Penggunaan IT dalam sebuah organisasi
sangatlah penting, untuk menerapkan IT haruslah dilihat karakteristik
organisasi tersebut. Apakah dengan IT mampu meningkatkan efisiensi sebuah
perusahaan, sehingga dalam penerapan IT dibutuhkan orang yang handal yang dapat
berjalan dengan baik. Ada 4 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan,
yaitu: Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih
ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat
penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan
manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting
agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi
informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level
manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur
organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau
peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer
di perusahaan terkait. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi
informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya
sebagai penyedia dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah tambahan
informasi bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk
mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Fungsi Communication
secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure. Dalam era organisasi
modern dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau
media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan
berinteraksi.
Hubungan antara
aplikasi manajemen dan pengembangan aplikasi :
Aplikasi Analyst - Proses Owner
· Aplikasi Analyst adalah
peran Manajemen Aplikasi yang mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup
mereka. Ada biasanya satu Aplikasi Analyst atau tim analis untuk setiap
aplikasi utama. Peran ini memainkan peran penting dalam aspek terkait penerapan
merancang, pengujian, operasi dan meningkatkan layanan TI. Hal ini juga
bertanggung jawab untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan aplikasi yang diperlukan untuk memberikan layanan TI.
Tanggung jawab Matrix: ITIL Manajemen Aplikasi
|
|
ITIL Peran / Sub-Proses
|
|
aplikasi Manajemen
(tidak ada sub-proses yang ditentukan)
|
A [1] R [2]
|
Keterangan
[1] A: Akuntabel menurut Model RACI: Mereka
yang akhirnya bertanggung jawab untuk penyelesaian yang benar dan menyeluruh
dari proses ITIL Aplikasi Manajemen.
[2] R: Bertanggung jawab sesuai dengan Model
RACI: Orang-orang yang melakukan pekerjaan untuk mencapai suatu tugas dalam
Manajemen Aplikasi.
Sumber
http://nurhalizazahra.blogspot.co.id/2013/10/manajemen-perubahan.html
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.itil.org/en/vomkennen/itil/serviceoperation/funktionen/operationsmanagement.php&prev=search
https://pernikmagazine.wordpress.com/2008/07/21/konsep-dasar-manajemen-perubahan/
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/Release_and_Deployment_Management&prev=search
https://freshservice.com/it-operation-management-software
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/ITIL_Application_Management&prev=searchhttps://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.itil.org/en/vomkennen/itil/serviceoperation/funktionen/operationsmanagement.php&prev=search
https://pernikmagazine.wordpress.com/2008/07/21/konsep-dasar-manajemen-perubahan/
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/Release_and_Deployment_Management&prev=search
https://freshservice.com/it-operation-management-software
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.referenceforbusiness.com/management/Ob-Or/Operations-Management.html&prev=search
http://www.kompasiana.com/raffiansyahjc/fungsi-dan-peranan-teknologi-informasi-aplikasi-software-bagi-perusahaan_5656f3cb159373db144f054d
Tidak ada komentar:
Posting Komentar